Jumat, 15 Februari 2013

pengantar dasar algoritma(materi kul)


Pengantar Dasar Algoritma

DEFINISI
Ada sebuah anekdot tentang pandangan yang salah kaprah tentang komputer. Sebagai sebuah mesin “pintar”, komputer terlanjur dipercaya orang mampu mengerjakan perintah apa saja yang diberikan manusia. Hal ini disebabkan karena mungkin orang sering melihat di TV atau membaca di surat kabar tentang kehebatan komputer. Contohnya berita mengenai kehebatan komputer mengalahkan Gary Kasparov dalam bermain catur, atau berita tentang kemampuan komputer meramalkan kejadian masa datang, atau bahkan berita tentang kemampuan komputer yang dapat mengenal wajah seorang penjahat. Niscaya berita-berita semacam itu membuat orang semakin kagum dan terkesima sehingga timbullah anggapan seperti yang ditulis diatas bahwa komputer adalah benda ajaib yang mampu menyelesaikan masalah apa saja yang diinginkan orang

Anggapan diatas tidak seluruhnya salah. Komputer memang alat bantu dalam menyelesaikan masalah. Persoalannya, Komputer tidak begitu saja langsung dapat menyelesaikkan masalah yang disodorkan. Orang harus merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah itu dalam suatu runtunan instruksi. Komputerlah yang nantinya mengerjakan runtunan instruksi tersebut. Sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah itu dinamakan PROGRAM. Program  “dimasukkan” kedalam komputer, komputer mengerjakan instruksi-instruksi di dalam program tersebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan.

APAKAH ALGORITMA ITU  ?
  Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

  Sebagai pembanding, berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 1988, Didefinisikan Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah.

  Kata logis merupakan kata kuncinya. Langkah-langkah tersebut harus logis, ini berarti nilai kebenaran harus dapat ditentukan, benar atau salah.

ALGORITMA JANTUNG INFORMATIKA
Algoritma adalah Jantung ilmu Komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu Komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang digambarkan dalam suatu algoritma. Contohnya, Proses dalam pembuatan Kue ataupun masakkan.

BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN  DENGAN ALGORITMA
  Belajar bahasa pemrograman berarti adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compilernya, dan memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.

  Sampai sekarang terdapat puluhan bahasa pemrograman antara lain bahasa rakitan (Assembly),Fortran, Cobol, Pascal, C, Basic, Prolog, LISP dan bahasa simulasi seperti CSMP,Sincript, GPSS, Dinamo dan banyak lagi

Berdasarkan terapannya
  1. Bahasa Pemrograman bertujuan Khusus
Yang termasuk kelompok ini adalah Cobol (Untuk terapan bisnis dan administrasi), Fortran ( Untuk Terapan Komputerisasi Ilmiah ), Prolog (Terapan Kecerdasan buatan), Assembler ( Terapan bahasa rakitan / Pemrograman mesin) dan sebagainya.

2.         Bahasa Pemrograman bertujuan Umum.

Yang termasuk kelompok ini adalah  bahasa Pascal, Basic, dan C. Pembagian bahasa pemrograman ini tidaklah kaku. Contohnya adalah bahasa pemrograman Cobol,  tidak hanya digunakan untuk pemrograman terapan bisnis dan administrasi melainkan dapat juga digunakan untuk terapan ilmiah,  namun  kemampuannya saja yang terbatas.
berdasarkan tingkatan  bahasa pemrograman
  1. Bahasa Tingkat Rendah
Jenis bahasa ini dirancang agar setiap instruksinya dikerjakan oleh komputer. Tanpa harus melalui penerjemahan ( Translator )  Terlebih dahulu.
Bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, orientasinya lebih dekat ke mesin, dan sulit dipahami manusia. Contoh bahasa pemrograman yang termasuk kelompok ini adalah Assembly ( bahasa rakitan).
Bahasa rakitan dimasukkan dalam kelompok ini karena alasan notasi yang dipakai dalam bahasa ini lebih dekat ke mesin.
  1.  Bahasa Tingkat Menengah. 
Jenis bahasa ini pemakaiannya sama dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, tetapi dapat mengakses mesin komputer dengan kecepatan yang hampir menyamai bahasa pemroagraman tingkat rendah. Contohnya : Bahasa C

    1. Bahasa Tingkat Tinggi 
Jenis bahasa ini dirancang agar setiap membuat program bisa lebih mudah dipahami, lebih “ manusiawi”, dan berorientasi ke bahasa manusia. Hanya saja program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer dan perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU.  Contoh bahasa pemrograman yang termasuk dalam kelompok ini adalah  Pascal, Cobol, Basic, Fortran dan sebagainya

TAHAPAN ALGORITMA DALAM KOMPUTER
Tahapan pelaksanaan Algoritma oleh komputer adalah, mula-mula algoritma ditranslasikan menjadi program dalam bahasa tingkat tinggi baik dengan menggunakan bahasa Pascal, bahasa Basic ataupun yang lainnya. Selanjutnya, Program dikompilasi dan diterjemahkan menjadi program dalam bahasa mesin. Instruksi dalam bahasa mesin diinterprestasikan oleh CPU



Tidak ada komentar:

Posting Komentar