Jumat, 15 Februari 2013

algoritma3(materi kul)


ALGORITMA

Definisi
}  Algoritma” adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
}  Algoritma” adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah (Balai Pustaka, 1988)
}  Logis merupakan kata kunci dalam algoritma.
}  Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Lanjutan
}  Definisi
      Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah
      Kamus Besar Bahasa Indonesia:
Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah
}  Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah
Penulisan Algoritma
}  Dalam bahasa natural (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa manusia lainnya)
      Tapi sering membingungkan (ambiguous)
}  Menggunakan flow chart (diagram alir)
      Bagus secara visual akan tetapi repot kalau algoritmanya panjang
}  Menggunakan pseudo-code
      Sudah lebih dekat ke bahasa pemrograman, namun sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti pemrograman
Tahapan Membuat Program
• Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.
   Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan,
   fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa
   program yang digunakan.
• Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Algoritma
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau
   langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
            – Ada input dan output
            – Efektivitas dan efisien
            – Terstruktur

Aturan Penulisan Teks
Judul algoritma
Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan
penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut.
Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa
yang dilakukan oleh algoritma tersebut.
Deklarasi
Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang
digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat
berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedur dan
fungsi.
Deskripsi
Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian
masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi
yang akan dijelaskan selanjutnya

Contoh
Algoritma TUKAR_ISI_BEJANA

Diberikan dua buah bejana, A dan B; bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukaran isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.

DESKRIPSI

1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.

Diberikan dua buah bejana, A dan B; bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukaran isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.

DESKRIPSI

1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.
}  Mengerti setiap langkah dalam Algoritma.
}  Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut



Tidak ada komentar:

Posting Komentar