Senin, 18 Februari 2013

Pasar dan Pemasaran


Pasar dan Pemasaran
Pengertian PASAR
}  3 Pertanyaan awal:
       Apakah pasar yang akan dimasuki ada atau tidak?
       Seberapa besar pasar yang ada sekarang?
       Bagaimana kondisi persaingan yang ada, baik jumlah maupun kekuatan dan kelemahannya?
}  Untuk menjawab pertanyaan diatas perlu dilakukan riset pasar.
Beberapa cara Riset Pasar:
  1. Melakukan survey dengan terjun langsung ke pasar melihat kondisi pasar yang ada (jumlah pembeli dan pesaing).
  2. Melakukan wawancara dengan berbagai pihak yang dianggap memegang peranan penting (misalnya kepada calon pesaing diam-diam)
  3. Menyebarkan kuesioner ke berbagai calon konsumen untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen saat ini (jumlah konsumen, daya eli, dan selera mereka).
  4. Menawarkan produkk dengan pemasangan iklan, seolah-olah barangnya sudah ada (melihat respon konsumen-inden)
PASAR
Secara sederhana merupakan pertemuan antara penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi.
Atau
Himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
Pasar nyata adalah himpunan konsumen yang mempunyai minat, pendapatan dan akses pada suatu produk atau jasa tertentu.
PEMASARAN
“suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.” (Philip Kotler).
Konsumen: individu (perorangan) dan kelompok tertentu (industri)
Kelompok Pasar
  1. Pasar konsumen;
  2. Pasar industrial;
  3. Pasar reseller;
  4. Pasar pemerintah
PERMINTAAN dan PENAWARAN
Permintaan adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli. Permintaan akan terjadi apabila disukung oleh kemampuan (keuangan) yang dimiliki seorang konsumen untuk membeli.
Faktor yang mempengaruhi permintaan:
  1. Harga barang itu sendiri;
  2. Harga barang lain yang berhubungan;
  3. Pendapatan;
  4. Selera;
  5. Jumlah penduduk; dan
  6. Faktor khusus (akses).
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkatan harga pada suatu waktu tertentu.
Faktor yang mempengaruhi:
  1. Harga barang itu sendiri;
  2. Harga bagarang lain;
  3. Teknologi yang digunakan;
  4. Harga input (ongkos produksi);
  5. Tujuan perusahaan;
  6. Dan faktor khusus (akses).
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli berbeda yang mungkin memerlukan produk dan jasa yang berbeda pula.
Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen (Philip Kotler):
  1. Segmentasi berdasarkan geografik:
    1. Bangsa;
    2. Provinsi;
    3. Kabupaten;
    4. Kecamatan; atau
    5. Iklim
  2. Segmentasi berdasarkan demografik:
    1. Umur;
    2. Jenis kelamin;
    3. Ukuran keluarga;
    4. Daur hidup keluarga;
    5. Pendapatan;
    6. Pekerjaan;
    7. Pendidikan;
    8. Agama;
    9. Ras;
    10. Kebangsaan.
  3. Segmentasi berdasarkan psikografik:
    1. Kelas sosial;
    2. Gaya hidup;
    3. Karakteristik keperibadian.
  4. Segmentasi berdasarkan perilaku:
    1. Pengetahuan;
    2. Sikap;
    3. Kegunaan;
    4. Tanggapan terhadap suatu produk.
Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial (Philip Kotler):
  1. Segmentasi berdasarkan geografik:
    1. Jenis industri;
    2. Besar perusahaan;
    3. Lokasi perusahaan.
  2. Karakteristik pengoperasian terdiri dari:
    1. Teknologi yang difokuskan;
    2. Status pengguna (berat, sedang, ringan);
    3. Kemampuan pelanggan.
  3. Pendekatan Pembeli terdiri dari:
    1. Organisasi berfungsi pembeli;
    2. Sifat hubungan yang ada;
    3. Struktur kekuatan;
    4. Kebijakan pembelian umum;
    5. Kriteria.
  4. Karakteristik personal industri:
    1. Kesamaan pembeli;
    2. Sikap terhadap resiko;
    3. Kesetiaan.
  5. Faktor situasional:
    1. Urgensi;
    2. Pengguna khusus;
    3. Besarnya pesanan.
Pasar Sasaran
Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi:
  1. Evaluasi segmen pasar
    1. Ukuran dan pertumbuhan segmen antara lain data tentang penjualan terakhir (dalam rupiah), proyeksi laju pertumbuhan, dan margin laba dari tiap segmen.
    2. Struktural segmen yang menarik dilihat dari segi profitabilitasnya.
    3. Sasaran dan sumber daya perusahaan perlu diperhatikan.
  2. Memilih segmen yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tertinggi bagi perusahaan.
    1. Permasaran serba sama, melayani semua pasar dan tawaran pasar tidak ada perbedaan.
    2. Pemasaran serba aneka, merancang tawaran untuk semua pendapatan, tujuan atau keperibadian.
    3. Pemasaran terpadu, khusus untuk SDM yangterbatas.
Menentukan Posisi Pasar (positioning)
}  Posisi produk adalah bagaimana suatu produk didefinisikan oleh konsumen atas dasar atribut-atributnya. Sebagai contoh:
       Sabun lux diposisikan sebagai sabun kecantikan;
       Sabun lifebuoy diposisikan sebagai sabun keluarga;
       Sabun ekonomis diposisikan sebagai sabun cuci.
       Penentuan posisi pasar dapat dilakukan berdasarkan:
       Atribut (e.g. harga murah atau mahal);
       Kesempatan penggunaan (e.g.minuman energi atau penurun panas);
       Kelas pengguna (e.g.shampo dewasa atau anak);
       Langsung menghadapi pesaing (e.g.nomor satu atau yang terbaik);
       Kelas produk (e.g.sabun kecantikan atau kesehatan).
}  Untuk memilih atau menentukan posisi pasar, strategi yang dapat digunakan:
       Mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang mungkin memberikan nilai terbesar dengan cara mengadakan perbedaan (diferensiasi produk, jasa, personil, citra);
       Memilih keunggulan kompetitif yang tepat (berapa banyak perbedaan dipromosikan, perbedaan mana yg dipromosikan);
       Mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi terpilih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar