Jumat, 15 Februari 2013

bahasa basic(pertemuan ke dua mata kul)


Bahasa Basic
Pertemuan kedua Perintah INPUT, PERHITUNGAN, TAB, SPC and LOCATE

INPUT
}  Untuk Memasukkan Sesuatu dari Keyboard gunakan Perintah INPUT
}  Bentuk Umumnya :
}  INPUT “ Komentar” ; atau , Variabel
}  INPUT Variabel
}  Variabel adalah identitas data yang mau dimasukkan , var ini harus bersifat unik
}  Type Data dalam Basic ada dua jenis yaitu Alphanumerik dan Numerik
}  Sifat Data ada 2 yaitu  Constan = Permanen = Tidak Berubah dan Variabel = Selalu Berubah
Alphanumerik & Numerik
}  Alphanumerik terdiri dari Alphabet , tanda-tanda atau simbol , nomor yang tidak digunakan untuk perhitungan
}  Contoh : Aldi , @ , 123
}  Numerik hanya terdiri dari nomor  misal 123
}  Apabila melakukan proses perhitungan harus Numerik
}  Jika Data itu Alphanumerik maka variabel pengenalnya diberi tanda $ dan apabila numerik tidak diberi tanda apa-apa
Contoh :
}  Jika Data Constan , nilainya sudah diketahui misal 15 or ANITA
}  Penerapan dalam Program antara lain seperti ini :
}  Cls
}  Umur=15
}  Nama$=“HARIS”
}  Print “ Umur : “ ; Umur
}  Print “ Nama : “ ; Nama$
}  Stop
Data Variabel atau berubah
}  Contoh :
}  Cls
}  Input “ Umur : “ , Umur
}  Input “ Nama : “ , Nama$
}  Print “ “
}  Print “ Umur : “ ; Umur
}  Print “ Nama : “ ; Nama$
}  Stop
TAB and SPC
}  Untuk Mengatur Tampilan pada Layar Monitor digunakan Perintah TAB , SPC and LOCATE
}  Bentuk Umumnya :
}  Print Tab(n1) ; Tab(n2) ; dst
}  Print Spc(n1) ; Spc(n2) ; dst
}  Tab and Spc mengatur kolom saja
Penerapan dalam Program
}  Penggunaan TAB
}  Cls
}  Print Tab(10); “Nama” ; Tab(20) ; “Umur”
}  Print Tab(10); “Anita” ; Tab(20) ; 17
}  Print Tab(10); “Andi”  ; Tab(20) ; 18
}  Stop
Penggunaan Spc
}  Cls
}  Print Spc(10) ; “Nama” ; Spc(10) ; “Umur”
}  Print Spc(10) ; “ Diana” ; Spc(10) ; 15
}  Print Spc(10) ; “Maria” ; Spc(10) ; 18
}  Stop
LOCATE & PERHITUNGAN
}  Locate digunakan untuk mengatur Baris dan Kolom agar tampil dilayar monitor sesuai dengan desain yang diinginkan
}  Bentuk Umumnya :
}  Locate Baris , Kolom : Print “ Kom “ ; Variabel
}  Atau
}  Locate Baris , Kolom : Print “ “ ; Variabel
}  Atau
}  Locate Baris , Kolom : Print “ Kom” ; : Input , Var
}  Tanda Pengenal Perhitungan dalam Basic sbb :
}  Kali = *
}  Pangkat = ^
}  Bagi = / atau \
}  Tambah = +
}  Kurang = -
Contoh Program
}  Buatkan Sebuah Program untuk Menginput Data Perhitungan Luas Empat Persegi Panjang yang ketentuanya Panjang dan Lebar di Input dan Luas = Panjang x Lebar , Output ditampilkan secara horizontal
}  Untuk menjawab hal tersebut terlebih dahulu tentukan variabel pengenalnya kemudian atur tampilannya secara mendatar
}  CLS
}  INPUT “ Panjang  : “ ; P
}  INPUT “ Lebar       : “ ; L
}  LUAS = P * L
}  CLS
}  LOCATE  5,20 : PRINT “ PERHITUNGAN LUAS”
}  LOCATE  6,20 : PRINT “ ~~~~~~~~~~~~~~~~~”
}  LOCATE  8,10 : PRINT  “PANJANG”
}  LOCATE  8,20 : PRINT “LEBAR”
}  LOCATE  8,30 : PRINT “LUAS”
}  LOCATE  9,10 : PRINT P
}  LOCATE  9,20 : PRINT L
}  LOCATE  9,30 : PRINT LUAS
}  STOP
Bahan Praktikum 2 :
}  Buatkan Sebuah Program untuk Menghitung  Data Penjualan pada PT.Berani Maju dengan ketentuan sebagai berikut :
}  Isi Program dan Bentuk Program INPUT-PROSES PERHITUNGAN dan OUTPUT
}  Informasi Data Penjualan terdiri dari :
}  Nomor Urut , Kode Barang, Nama Barang
}  Harga Satuan , Jumlah Barang , Total Harga
Tugas minggu ini
}  Buatkan Sebuah Program untuk menghitung pendapatan seseorang dengan ketentuan menggunakan semua Statement yang sudah dipelajari dengan data Numerik dan Alphanumerik yang bersifat constant dan berubah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar