Bahasa Basic
Pertemuan kedua
Perintah INPUT, PERHITUNGAN, TAB, SPC and LOCATE
INPUT
} Untuk Memasukkan Sesuatu dari Keyboard gunakan Perintah INPUT
} Bentuk Umumnya :
} INPUT “ Komentar” ; atau , Variabel
} INPUT Variabel
} Variabel adalah identitas data yang mau dimasukkan , var ini harus
bersifat unik
} Type Data dalam Basic ada dua jenis yaitu Alphanumerik dan Numerik
} Sifat Data ada 2 yaitu
Constan = Permanen = Tidak Berubah dan Variabel = Selalu Berubah
Alphanumerik
& Numerik
} Alphanumerik terdiri dari Alphabet , tanda-tanda atau simbol , nomor
yang tidak digunakan untuk perhitungan
} Contoh : Aldi , @ , 123
} Numerik hanya terdiri dari nomor
misal 123
} Apabila melakukan proses perhitungan harus Numerik
} Jika Data itu Alphanumerik maka variabel pengenalnya diberi tanda $
dan apabila numerik tidak diberi tanda apa-apa
Contoh :
} Jika Data Constan , nilainya sudah diketahui misal 15 or ANITA
} Penerapan dalam Program antara lain seperti ini :
} Cls
} Umur=15
} Nama$=“HARIS”
} Print “ Umur : “ ; Umur
} Print “ Nama : “ ; Nama$
} Stop
Data Variabel
atau berubah
} Contoh :
} Cls
} Input “ Umur : “ , Umur
} Input “ Nama : “ , Nama$
} Print “ “
} Print “ Umur : “ ; Umur
} Print “ Nama : “ ; Nama$
} Stop
TAB and SPC
} Untuk Mengatur Tampilan pada Layar Monitor digunakan Perintah TAB ,
SPC and LOCATE
} Bentuk Umumnya :
} Print Tab(n1) ; Tab(n2) ; dst
} Print Spc(n1) ; Spc(n2) ; dst
} Tab and Spc mengatur kolom saja
Penerapan
dalam Program
} Penggunaan TAB
} Cls
} Print Tab(10); “Nama” ; Tab(20) ; “Umur”
} Print Tab(10); “Anita” ; Tab(20) ; 17
} Print Tab(10); “Andi” ;
Tab(20) ; 18
} Stop
Penggunaan
Spc
} Cls
} Print Spc(10) ; “Nama” ; Spc(10) ; “Umur”
} Print Spc(10) ; “ Diana” ; Spc(10) ; 15
} Print Spc(10) ; “Maria” ; Spc(10) ; 18
} Stop
LOCATE &
PERHITUNGAN
} Locate digunakan untuk mengatur Baris dan Kolom agar tampil dilayar
monitor sesuai dengan desain yang diinginkan
} Bentuk Umumnya :
} Locate Baris , Kolom : Print “ Kom “ ; Variabel
} Atau
} Locate Baris , Kolom : Print “ “ ; Variabel
} Atau
} Locate Baris , Kolom : Print “ Kom” ; : Input , Var
} Tanda Pengenal Perhitungan dalam Basic sbb :
} Kali = *
} Pangkat = ^
} Bagi = / atau \
} Tambah = +
} Kurang = -
Contoh
Program
} Buatkan Sebuah Program untuk Menginput Data Perhitungan Luas Empat
Persegi Panjang yang ketentuanya Panjang dan Lebar di Input dan Luas = Panjang
x Lebar , Output ditampilkan secara horizontal
} Untuk menjawab hal tersebut terlebih dahulu tentukan variabel
pengenalnya kemudian atur tampilannya secara mendatar
} CLS
} INPUT “ Panjang : “ ; P
} INPUT “ Lebar : “ ; L
} LUAS = P * L
} CLS
} LOCATE 5,20 : PRINT “
PERHITUNGAN LUAS”
} LOCATE 6,20 : PRINT “
~~~~~~~~~~~~~~~~~”
} LOCATE 8,10 : PRINT “PANJANG”
} LOCATE 8,20 : PRINT “LEBAR”
} LOCATE 8,30 : PRINT “LUAS”
} LOCATE 9,10 : PRINT P
} LOCATE 9,20 : PRINT L
} LOCATE 9,30 : PRINT LUAS
} STOP
Bahan
Praktikum 2 :
} Buatkan Sebuah Program untuk Menghitung Data Penjualan pada PT.Berani Maju dengan
ketentuan sebagai berikut :
} Isi Program dan Bentuk Program INPUT-PROSES PERHITUNGAN dan OUTPUT
} Informasi Data Penjualan terdiri dari :
} Nomor Urut , Kode Barang, Nama Barang
} Harga Satuan , Jumlah Barang , Total Harga
Tugas minggu
ini
} Buatkan Sebuah Program untuk menghitung pendapatan seseorang dengan
ketentuan menggunakan semua Statement yang sudah dipelajari dengan data Numerik
dan Alphanumerik yang bersifat constant dan berubah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar